Etika Dalam Berkomunikasi

Ponsel saat ini dapat ditemukan di mana pun dan setiap orang merasa memiliki etika menelepon yang baik. Namun, menurut beberapa kajian, sebenarnya ada banyak orang yang merasa terganggu dan tidak nyaman pada mereka yang menggunakan ponsel di depan umum.

Sebenarnya ada beberapa etika umum yang harus dipahami setiap para pengguna gadget tersebut. Berikut adalah etika-etika tersebut:

1. Orang lain yang ada di sekitar kita juga harus dihormati kala menggunakan ponsel. Hindari menelepon saat sedang bertatap muka dengan orang lain. Jika panggilan tersebut penting, minta maaf atau izin sebelum menerima panggilan masuk itu.

2. Alangkah baiknya untuk tidak berteriak saat sedang menelepon. Pada umumnya ketika menggunakan ponsel, orang akan bicara dengan suara tiga kali lipat lebih kencang ketimbang saat bertatap muka.

3. Jadilah teman makan malam yang baik. Tidak ada yang ingin menjadi orang ketiga saat sedang menelepon. Tidak ada juga yang mau duduk diam sementara teman makan malamnya asyik bertukar pesan pendek dengan orang lain. Selalu pasang mode sunyi dan kantongi ponsel sebelum duduk dan jangan pernah meletakkannya di atas meja.

4. Jangan mengacuhkan larangan ketika berada di tempat yang meminta untuk memasang mode sunyi di ponsel. Misalnya saat di bioskop, gereja, masjid, perpustakaan, atau acara pemakaman.

5. Biarkan pesan suara (mailbox) melakukan tugasnya. Kapanpun, ketika sedang bersama orang lain, biarkan saja pesan suara yang menjawab panggilan tidak penting.

6. Jangan membuat operator menunggu. Ketika menelepon dalam antrian atau layanan tertentu, selalu siaga. Membuat petugas layanan menunggu menyelesaikan panggilan telepon pribadi bukanlah suatu hal yang membahagiakan.

7. Jangan mengetik pesan sambil berkendara. Tidak ada pesan yang lebih penting dibandingkan keselamatan.

8. Tetap rendahkan suara ketika beradu argumen saat menelepon. Tidak ada satu orang pun di sekitar yang bisa mendengar lawan bicara Anda. Jadi, mereka hanya menyadari kerasnya suara yang keluar dari mulut pengguna ponsel yang ada di dekat mereka.

9. Jangan lupa menyaring kata-kata yang digunakan. Bayangkan seperti jika ada sebuah kata yang ingin diucapkan melalui ponsel yang bisa mempermalukan diri sendiri ketika di depan publik dan itu sangat disayangkan.

10. Hormati orang lain yang membutuhkan ruang. Ketika harus menggunakan ponsel di publik, usahakan berjarak sekitar 3 meter dari orang lain.
(dat19/metrotvnews)

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s